Tuesday, March 1, 2016

Tugas Karya Ilmiah Lingkugnan Bisnis

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS ONLINE SHOP



IRKHAM WIDHI SAPUTRO
15.11.8711
KELOMPOK G
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2015/2016




ABSTRAK

          Pada era modern ini, memulai bisnis sangatlah mudah. Tidak perlu memiliki tempat yang strategis, luas, dan bagus, seseorang dapat memulai sebuah bisnis hanya dengan dirumah. Hanya bermodalkan gadget seseorang sudah dapat memulai bisnis Online Shop. Online shop juga tidak harus memiliki website resminya sendiri, media sosial seperti facebook, instagram, forum forum seperti kaskus juga dapat dimanfaatkan sebagai markasnya. Online shop buka setiap saat dan dapat dilihat oleh orang dari berbagai penjuru negri, bahkan luar negri. Bisnis online juga tidak memerlukan banyak waktu untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat lainnya, karena pengiriman barang ke konsumen dapat dilakukan dengan jasa pengiriman barang. Berjualan online merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, mengingat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, serta ketersediaan lahan strategis yang terbatas.

ISI

          Perkembangan teknologi yang begitu pesat memaksa semua kegiatan dilakukan secara online. Kegiatan perdagangan pun juga ikut menjadi online. Kegiatan perdagangan secara online, atau yang lebih dikenal dengan online shopping menarik banyak minat dari masyarakat luas. Banyaknya minat masyarakat membuka peluang yang sangat besar bagi para pebisnis untuk ikut serta membuka online shop.
          Memulai bisnis online shop sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan tanpa modal. Tidak memiliki website sendiri pun bukan menjadi masalah besar, karena sekarang banyak pebisnis online shop menjadikan media sosial seperti facebook, instagram, twitter sebagai tempat untuk berjualan. Selain mudah dan gratis, media sosial merupakan tempat yang tidak pernah sepi, sehingga pasti banyak orang orang yang melihat barang dagangannya.  Forum forum seperti kaskus yang menyediakan Forum Jual Beli pun ramai digunakan oleh para seller. Untuk memulai online shop tanpa modal, seorang penjual dapat menjadi reseller dari suatu produser yang lebih besar, sehingga dengan cara ini, penjual tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun namun mendapatkan untung. Dapat juga dengan melakukan sistem dropship yang sistemnya hampir mirip dengan reseller.

          Bisnis online shop memakai media utama internet. Maka dari itu, online shop memiliki berbagai macam keuntungan maupun kerugian.

Keuntungan dari online shop diantaranya:
  -Dapat menjual barang kemana saja
  -Tidak perlu memiliki toko dalam bentuk fisik / bangunan
  -Buka kapan saja dan dimana saja.
  -Tidak harus memiliki modal untuk memulai bisnis
  -Hemat waktu dan tenaga
  -Praktis

Kerugian dari online shop diantaranya:
  -Susahnya membangun kepercayaan antara pembeli dan penjual
  -Barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan keinginan pembeli
  -Barang yang dikirimkan rusak saat perjalanan pengiriman
  -Membutuhkan koneksi internet yang stabil
  -Dikenai biaya pengiriman barang
  -Rawan penipuan

          Dibalik kemudahan berbisnis online shop, ternyata online shop memiliki berbagai macam kerugian yang perlu diwaspadai oleh seller, maupun buyer. Sehingga perlu berhati hati apabila membeli ataupun menjual barang melalui media internet. Selain itu, persaingan antar online shop juga semakin ketat, mengingat banyaknya pebisnis yang ikut serta menjadikan jumlah pesaing terus meningkat setiap saat.

          Untuk dapat bersaing dengan online shop yang lain, serta untuk melancarkan bisnis online shop, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Contact Person Yang Jelas
          Contact person penjual haruslah jelas agar pembeli tidak kesusahan untuk mengontak si penjual. Dengan kemudahan berkomunikasi, kegiatan transaksi jual beli pun menjadi lebih lancar.

2. Ramah dan Sabar
          Tidak sedikit pembeli yang menawar habis habisan harga yang sudah penjual cantumkan, yang seringkali membuat jengkel penjual. Namun penjual harus dapat menanganinya dengan sabar dan tetap ramah. Hal ini dapat menimbulkan kesan positif kepada pelanggan.

3. Up to Date
          Mengupdate barang dagangan berarti meningkatkan daya beli konsumen karena lebih banyak variasi variasi yang dapat dipilih oleh konsumen. Hal ini juga dapat menimbulkan dampak positif bagi buyer, karena mereka berpikir bahwa online shop yang mereka kunjungi lengkap.

4. Diskon
          Diskon sangat penting untuk menarik daya beli masyarakat. Tidak sedikit para penjual yang menawarkan diskon besar besaran untuk barang dagangannya. Diskon dapat juga diadakan untuk memperingati hari hari besar seperti imlek, ramadhan, dll, karena mayoritas pada hari hari tersebut, masyarakat sedang memiliki uang yang lebih untuk dibelanjakan.

5. Jujur
          Dalam dunia bisnis, jujur adalah segalanya. Bisnis yang baik didasari pada rasa saling percaya. Kejujuran memang terlihat sepele, namun sebenarnya sangat penting. Sekali seorang seller membohongi seorang buyer, maka buyer tersebut tidak akan mau membeli barang lagi kepada seller tersebut, lebih parah lagi, mendapatkan testimoni yang buruk dapat mengusir pelanggan yang telah menjadi pelanggan tetap.


          Dari ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis online shop merupakan bisnis yang mudah serta memiliki peluang besar untuk sukses. Namun perlu diperhatikan juga kerugian dan hal hal yang dapat membahayakan bisnis online shop yang sedang dijalankan.


REFERENSI
http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.co.id/2012/02/hal-penting-menyukseskan-online-shop.html
http://fachrinarumodar.blogspot.co.id/2014/03/karya-ilmiah-lingkungan-bisnis-peluang.html
http://amikom.ac.id/research/index.php/STI/article/viewFile/8641/6973
http://www.izwie.com/2014/12/7-alasan-kenapa-seseorang-gemar.html

No comments:

Post a Comment