Friday, March 4, 2016

Mencari Uang Melalui Iklan


  • ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentanstrategi pemanfaatan iklan di internet. Sejamunculnyinternet,
iklan di WorlWide Web telah sangat populer. Banyak perusahaanperusahaan dan bisnitelah
mengambil keuntungan darinformasi ini dan Anda dapat melihat iklan pada setiap halaman
Web yanAnda kunjungi.Karena pada saat ini internet merupakan hal yansudah tak lazim
lagi.Sehingga pada saat ini internet banyadigunakan oleh para produsen untuk mengiklankan
produknypada internet.karena dengan mengiklankan produknya pada internet dianggap hal
yang paling efisien dan tepat. 
  • ISI
Iklan adalah segala bentuk presentasi non pribadi dan promosgagasan barang atau jasa
oleh sponsor terterntu yang harus dibayar,iklan merupakan cara yanberbiayefektif guna
menyebarkan pesabaiuntuk membangun preferensi maupun untuk pendidikan.Iklan
dijaringainternet saat ini sebenarnya lebibanyak dimanfaatkan oleh merekyanterjun ke
bisniterkait seperti Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringainternet di Amerika mencapai
1% dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini masih tergolong kecil.
Jenis iklan yang dapa ditayangkan di jaringan internet makin beragam.Diperkirakan
jumlah anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang dari 1% dari total belanja iklan di media
Indonesia.Beberapa hal yanmenjadi penyebab adalah adanya keraguan terhadap efektivitas
iklan melalui media internet,belum banyaknya pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam
bisnis selain komunikasi dan belum banyaknya biro iklan yanmemanfaatkan internet sebaga
media alternative beriklan.Saat ini internet masih dianggap komplemen dan belum isa dianggap
pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita kenal.
Karena mudah untuk mencapai segala jenis penontotentang segala macam bisnis,
kemungkinan penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan iklan Internet diklasifikasikan menjadi
dua jenis iklan, iklan online iklan online legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online direktori
iklan online, iklan mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop. iklan ilegal lebih umum
dikenal sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah beberapa pengaturan
sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah pop-up yang dikirim kjaringan tertentu atau
komputer. Aplikasi eksternal dikenal sebagai adware atau spyware. Beberapa benar-benar
berbahaya, yang paling terkenal adalah Trojan, yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus
dari sistem.
Dengan peningkatan teknologi, efek khusus yang digunakan untuk membuat iklan yang
lebih menarik. Warna, tata letak halaman yang baik dan banyak imajinasi yang terlibat.Biasanya
Adobe Flash digunakan untuk desain iklan hari ini. Tergantung pada teknologi yang digunakan
untuk desain iklan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori.
Iklan Banner adalah animasi ditampilkan di situs web biasanya dibuat dalam HTML atau
Eudora. Ada berbagai jenis dan ukuran iklan. Trik iklan banner adalah banner iklan yang
memiliki fungsi tambahan kotak dialog dan tombol dan akan ditampilkan sebagai peringatanatau
pesan kesalahan.
A pop-up adalah iklan ditampilkan di jendela baru yang menutupi halaman web yang
aktif. Sebuah pop-under iklan terbuka di jendela lain yang berada di bawah halaman web aktif
dan dapat dilihat setelah jendela saat ini baik ditutup atau diminimalkan.
iklan interstisial adalah mereka yang ditampilkan sebelum mengarahkan ke halaman yang
diinginkan.
Wallpaper iklan membentuk latar belakang halaman web. Iklan yanmengapung di layar dikenal
sebagai iklan mengambang.
Iklan yang ditampilkan dalam bentuk video pada sebuah situs web dikenal sebagai iklan video.
  •  Biaya Beriklan
Sebagaimana iklan-iklan lain,iklan internet perlmenetapkan batas-batasnya.Bila tidak
maka anda bias menghabiskabiaylebidaryang anda butuhkan.Pentindicatat bahwa
perusahaan tahapa tujuaperiklanan yandiinginkannya.Penalarannya jelas.Tidak adanya
tujuan evaluasi tujuan mengenai web bias mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan
informassecara besar-besaran.Apabila yandiharapkan dari periklanan perusahaan tidak bias
diartikulasikan dalam pengertian yanpaling luas dan secara sistematidievaluasi dalam hal
ketersampaian dengan media,maka barangkali tidak ada artinymenggunakaweb.Begitu
ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana beriklan maka hal itakan betul-betul
menguntungkan perusahaan guna mencapai tujuan.Perhatian manajemen harus beralih ke
web.Mereka perlmemahami aapa itu web dan bagaimana fungsinya,serta harus menyadari akan
pentingnya memiliki komitmen jangka pendek mengenapenayangan informasi.Hanya dengan
begitulah nantinymereka akan biamemutuskan beberapa banyak uang akan dibelanjakan
untuk beriklan diinternet.
Mentransplantasikan tujuan periklanan televise kedalam tujuan beriklan di web agaknya
tidak akan memadai.Iklan web diperuntukan bagi dinamika yanberbeda.Televisi,radio,Koran
dan majalah mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan ke dalam kesadaran
seseoraniklan web bias mempengaruhi orang secara berbeda karena sifat
interaktifnya.Perusahaaperlmenilai apakah mereka memiliki komitmen tenaga kerja,waktu
dan sumber-sumber keuangan yandiperukan untuk tetap ada di webegitu merek memutuskan
mengadopsi web.Celakanya,kurangnya komitmen hanyakan menjadikan situs web tidak akan
membawa perusahaan kemana-mana,atau terpaksa harus terus-menerus memberitahukankepada
pengunjung bahwa situs web tidak pernah betul-betul berakhir begitkita masuk ia perlu
perubahan dan dinamika yang terus-menerus untuk bias menarik pengunjung. 
  • Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan iklan di Internet
Berikut disampaikan aspek-aspek yanmenyebabkan penggunaan internet lebih favorable
dan yang unfavorable.Kelebihan penggunaan internet
1. Pemangkasabiayperantara pasar karenpembeli dapat langsung dengapihak
produsen dalam pembelian barang
2. Peningkatan efektivitas iklan karena hannycalon pembeli yanbenar-bear berminat saja
yang akan membolak-balik halaman iklan di internet
3. Biaa pemasangan yanmasih relativmurah dibandingkan dengapemasangaiklan di
media televisi.Tetapi belum adanya undang-undanteknologi yang dapat membatasi
pertukaran data internet demi menjaga hak cipta
Kelemahan penggunaan iklan melalui internet:
1. Konsumen masih ragu dalam pemesanan baranmelalui internet karenfactor
kekhawatiran dan keamanan dalam mengirim nomor kartu kredit untuk pembayaran.Oleh
karenitu perusahaan e-commerce harus menjamin keamanan nomor kartu kredit
2. Untuk beberapa jeniproduk,konsumen merasakan adanya kekhawatiraapaka barang
yanterlihat dilayar monitobetul-betul persis seperti yandiinginkan,karena pembeli
tidak memiliki kesempatan untuk memperhatikan dengan seksama jenidan kualitas
barang yang aka dipesan.
3. Kesulitan akses e-commerce.Tidak semua orang memiliki akses internet dan tidak semua
orang memiliki cukup waktu untuk membolak-balik halaman internet.
4. Bandwidth yang terbatas yang mengakibatkan lambatnya proses tukar menukar data dan
informasi diantara para pelaku bisnis.

  • Jenis-Jenis Media Iklan di Internet
    1.Banner
Iklan banner merupakan jeniiklan yanpaling lazim digunakan di internet.Begitanda
melakukan penjelajahadi wahana informasi Super highway tersebut,maka banner akan
ditampilkan berkisar dari hingga 10kb.Semakin kecil ukurafilsemakin ia melakukan
loading.Para pengiklan menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk merancang banner
yanmampu menarik perhatian konsumen.Ada dua jenis banner: Keyword banner dan
Random banner.KeyworBanner muncul ketika dilakukan queratas satu kata
pembuka dari search engine.Ini akaefektif bagi perusahaan yaningin mengerucutkan
audien yanmenjadi sasarannya.Random Banner,muncul secara acak.
Perusahaan-perusahaan yaningin memperkenalkan produk baru biasanya menggunakan
random banner.sebuah studi yandilakukan pada tahun 1998 oleh AOL memperlihatkan
bahwa dari 10 oranakan merespon iklan-iklan banner,dan sekitar 50% pemirsakan
mengingat suatu iklan begitu selesai menyelesaikannya.
Keuntungannya:
Keuntungan menggunakan banner ialah kemampuannya dalam melakukan kosstumisasi
iklan ke audien yanmenjadi sasarannya.Oranbisa memutuskan segmen pasar mana
yanakan menjadi fokusnya.Bahkabanner dapat dikostumisasikamenjadi iklan one-
to-one,targeted.Strategi pemasaran force advertising juga bisditerapkan ,yang
pelanggan dipaksa untk meliatnya,suka tidak suka.
Kerugian ada pada biaykeseluruhan yansangat mahal.Kala perusahaan menginginkan
satu kampanye yang sukses,maka ia perlmengalokasikan sejumlah besar anggaran iklan
agar dapat encapai CPM dalam volume tinggi.Selain itu,salah satu kerugian
menggunakan banner ialah bahwa informasi yandisampaikan terbatas.Karena itu
pengiklan perlmemikirkan pesan krearif yang pendek untuk menarik perhatian pemirsa.
    2. Banner Swaping
Banner swaping dilakukan bila perusahaan A setujuntuk menampilkan sebuah banner
perusahaan B dengan imbalan perusahaan B juga mamenampilkan iklan perusahaan A.
    3.Iklan Persegi Panjang 
Iklan persegi panjang besar berbetuk seperti banner,tetapi besar.Iklan segi empat ini
bersama dengan iklan Skycraper dapat meningkatkan matrimerek kunci sebesar 40%
dibandingkan dengan ukurabaseline (banner).Iklan persegi panjanbesar menjadi lebih
efektif kalau dipadukan dengan tipe iklan Skycraper.
    4.Iklan Skyscraper 
Iklan Skycraper berbentuk seperti banner.Jika banner memanjang secara horizontal,maka
skyscraper memanjang secara vertical
Dan masih banyak lagi jenis media iklan yang dapat digunakan diinternet.
  • REFERENSI
M.Suyanto.(2003); “Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta
Penerbit: ANDI Yogyakarta.
Firmanasari,Zakiah (2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan Pada Media Internet”. (http://perangkap.blogspot.com/2007/08/efektivitas-penggunaan-iklan-pada-media.html)
Nathan Jimbro Alie (2010); Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Ikla Bisnis”.
(http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-internet-untuk-pasang-iklan.html)
Toni Agung N "Iklan Internet"

No comments:

Post a Comment