Thursday, March 3, 2016

Gaming Gear Shop, Lahan Mutiara di Permukaan





  • ABSTRAK


Besarnya prize yang ditawarkan dunia game, banyak orang mulai menekuni game untuk dijadikan sebagai mata pencaharian. Totalitas dalam bermain game tentu tidak lepas dari Gaming Gear yang digunakan. Singkatnya Gaming Gear merupakan peripheral khusus yang digunakan gamer untuk bermain game. Gaming gear dapat terdiri dari mouse, mousepad, keyboard, Headset, dll. Peralatan yang digunakan disini tentu berbeda dengan peralatan yang biasa digunakan di kantor-kantor atau sekolah. Hal ini membuka peluang bisnis yang sangar besar bagi khalayak luas yang ingin terjun dalam dunia Gaming Gear. Kebutuhan akan Gaming Gear menjadi sangat penting bagi pecinta game untuk mendongkrak performa player dalam berkompetisi.



  • ISI


Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendukung perkembangan dunia game untuk semakin melesat. Game sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai usia. Genre game bermacam macam, mulai dari FPS, RTS, Action, Balapan, dll. Pada era modern sekarang ini, banyak sekali tournament tournament game yang diselenggarakan baik nasional, maupun internasional. Tak tanggung tanggung, hadiahnya bisa sampai ratusan juta rupiah. Bahkan event dengan total hadiah terbesar DOTA 2 mencapai $18.429.613.05. Angka yang sangat besar sebagai hadiah tournament berskala internasional. Professional Player sudah menjadi seperti artis di kalangan para gamer. Tentunya, professional player memiliki Gear mereka masing masing. Hal ini mendorong minat para fans untuk membeli Gear yang sama, kaos yang sama, dsb.

Bisnis Gaming Gear masih terbilang langka. Jarang jarang ada toko yang menyediakan stock lengkap berbagai merk. Kebanyakan masih menggunakan sistem inden. Minimnya pesaing membuka peluang bagi para pebisnis untuk ikut terjun dalam perdagangan Gaming Gear. Banyak merk merk Gaming Gear yang sudah beredar di masyarakat, seperti Razer, SteelSeries, Roccat, Logitech, dll. Rata rata, para seller mendekati pelanggannya lewat forum forum game, ataupun lewat media sosial sebagai online shop. Dengan membuka online shop, pelanggan tentunya dapat berasal dari penjuru negri. Pengiriman barang pun bukan menjadi masalah karena sekarang sudah banyak jasa kurir yang ada di masyarakat. e-Sports sekarang sedang mengalami masa masa puncaknya. Indonesia sendiri sudah meresmikan e-Sports sebagai wadah bagi para gamer bertalenta. Channel TV khusus game pun juga sudah hadir di Indonesia sebagai sarana informasi bagi para gamer agar tidak ketinggalan berita.

Bisnis Gaming Gear memang sangat menguntungkan, karena harga harganya relatif mahal. Ditambah lagi tingginya harga dollar yang mengakibatkan kenaikan keuntungan bagi para importir seperti gaming gear ini. Namun harga yang relatif mahal tersebut bukanlah masalah bagi para para pecinta game. Ini lah yang harus dimanfaatkan oleh para calon pebisnis yang memiliki modal cukup. Persaingan harga antara toko satu dan yang lainnya masih cukup panas. Buyer pun juga masih banyak yang mencari gaming gear keluaran terbaru ataupun langka yang jarang dijumpai di toko toko gaming.

Agar tidak kalah bersaing, perlu diperhatikan beberapa hal yang sangat penting untuk dicermati, diantaranya :

1. Pemasaran

Media sosial menjadi tempat pemasaran terbaik bagi para penjual. Upload foto dan informasi harga sangat mudah dilakukan. Gamer pun juga banyak yang bermarkas di media sosial, sehingga kemungkinan mereka melihat barang dagangan seller sangat besar.

2. Diskon Harga

Memang harga antar seller masih sangat bersaing. Usahakan memberikan diskon harga untuk menarik pelanggan baru. Dengan adanya diskon, minat buyer untuk membeli akan meningkat pula.

3. Beri Paket Gaming Gear

Tidak sedikit toko toko yang sudah melakukan hal ini. Pintar pintar lah memilih "paket combo" gaming gear yang ingi dijual, kemudian berikan harga special pada barang tersebut. Sebagai contoh, Paket Hemat akan mendapatkan Mouse SteelSeries Sensei RAW, Mousepad QCK+ Mass, Headset Sades. Berikan harga yang miring untuk paket tersebut. Otak atik paket paket yang akan ditawarkan sehingga menarik perhatian buyer.

4. Usahakan Stock Selalu Up2Date

Sediakan stock stock yang lagi laris larisnya dikalangan gamer. Pintar pintar lah melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Barang seri keluaran terbaru tidak boleh lepas dari pandangan. Tidak sedikit gamer yang menunda membeli suatu gaming gear(Keyboard misalnya) hanya demi menunggu seri keluaran terbarunya keluar.

5. Jika Memungkinkan, Sediakan Rare Item

Tidak hanya mobil ataupun motor yang dicetak dalam edisi terbatas. Keyboard, mouse pun juga ada limited edition nya. Biasanya harganya juga terbilang sangat fantastis. Memang tidak mudah untuk mendapatkan rare item ini. Namun jika mendapatkan kesempatan, Grab it Fast. Anda dapat mendapatkan untung yang sangat besar jika dapat menjual salah satu dari rare item yang ada.

Ulasan diatas hanyalah sedikit dari banyak cara tentang berbisnis Gaming Gear. Situasi dan kondisi di pasar memang sangat cepat berubah, maka dari itu perlunya kecermatan untuk melihat peluang peluang yang ada.

  • REFERENSI

amikom.ac.id/research/index.php/STI/article/download/8536/6865
http://hot.yukbisnis.com/6-strategi-marketing-untuk-toko-online/

No comments:

Post a Comment