Friday, October 9, 2015

Pentingnya Belajar Coding

                  Di zaman yang serba elektronik dan canggih, kebanyakan orang masih belum berpikir betapa pentingnya menguasai coding (bahasa pemrograman dan memprogram). Padahal belajar coding dapat membantu nalar manusia untuk bekerja, membantu otak manusia untuk berpikir secara runtut (algoritma).

                  Mengetahui pentingnya memahami program bagi manusia modern, di negara Indonesia ini, banyak sekolah masih belum menerapkan sistem yang mengharuskan siswanya mengerti coding. Banyak sekolah sekolah yang lebih mengedepankan ilmu ilmu lain ketimbang mata pelajaran tentang komputer. Lab komputer di sekolah sekolah pun juga kurang di perhatikan. Padahal di negara negara maju, anak anak SD sudah dilatih untuk mengerti program, supaya otak mereka memiliki sistem pikir yang runtut dan terstruktur. Dengan kata lain, mereka sudah dapat memahami algoritma algoritma yang dapat membantunya berpikir di bidang yang lain seperti matematika.

                  Sekarang ini, sudah tidak susah lagi untuk memulai belajar code, hanya membutuhkan niat dan kemauan yang kuat, karena sudah banyak sekali situs situs di internet yang menyediakan layanan untuk belajar coding. Tidak butuh otak yang jenius untuk mengerti coding. Orang awan sering merasa muak terlebih dahulu ketika melihat code program yang begitu banyak, padahal jika sudah mengerti dasarnya, kalian bisa membacanya secara perlahan lahan. Jangan dikira belajar coding itu membosankan, coding itu menyenangkan !

                  Untuk memulai belajar coding, paling enak langsung mulai di bahasa C (C Language), memakai program compiler dev C++ yang tersedia gratis di internet. Sebenarnya untuk compiler bebas, saya hanya memberi contoh satu dari banyak compiler. Pelajarilah dasar dasarnya dan cobalah membuat sebuah program sederhana yang menampilkan tulisan tulisan yang anda inginkan.

                 Apabila masih kesulitan ingin membuat apa, cobalah untuk datangi situs situs seperti Code.org atau Scratch , disana kita tidak perlu mengetikkan code nya satu satu, tinggal drag and drop saja. Tentu saja disana juga ada gambar animasi yang dapat membantu pekerjaan kita. Jadi tunggu apalagi, ayo mulailah belajar coding!

                 Silahkan lihat video yang dapat memotivasi anda dibawa ini :


No comments:

Post a Comment