Thursday, October 15, 2015

Belajar dan Mengenal Bahasa C

                   Halo Sobat, kali ini saya akan mengajak kalian belajar bersama tentang bahasa pemrograman. Nah, kali ini kita akan belajar tentang bahasa C. Gimana sih bahasa C itu? Yuk Cekidot..

                   Penulisan bahasa C dimulai dari Header file.Header itu seperti perpustakaan yang menyimpan perintah perintah yang dapat kita gunakan dalam menggunakan program, selain itu perpustakaan ini bermanfaat untuk mengenalkan perintah kepada komputer.. Contohnya <stdio.h> digunakan untuk mengenali perintah printf, scanf (untuk proses input, output). Cara penulisan header file adalah memakai #include. Contohnya seperti ini : #include <stdio.h>.
printf = Digunakan untuk menampilkan output dari program, seperti tulisan "Masukkan Pin ATM Anda" jika anda di ATM

scanf = Digunakan untuk menyimpankan inputan ke dalam suatu variabel. Misal : Anda menginputkan angka "2" untuk disimpan dalam variabel "A" maka scanf lah perintah untuk menyimpannya.

                   Lalu setelah header diikuti oleh kata main. Main disini adalah sebuah fungsi utama yang nantinya fungsi main ini akan dipanggil terlebih dahulu oleh program ketika dijalankan. Setelah itu, barulah kita menulis semua program yang ingin kita buat di dalam fungsi main ini.

                   Contoh program sederhana untuk menampilkan suatu tulisan :

#include <stdio.h>

main()
{
          printf("Halo Teman\n");
          printf("Saya Belajar Bahasa C");

}

                   Maka output dari program yang tersebut saat di run adalah tulisan :
Halo Teman
Saya Belajar Bahasa C

NB : fungsi dari \n adalah untuk ganti baris(sama dengan enter saat mengetik), dan tulisan \n tidak akan tampil di output karena \n adalah perintah khusus (karakter escape).

                    Perlu diingat bahwa setelah menuliskan perintah jangan lupa untuk menuliskan titik koma (;) karena ini adalah hal sepele namun sangat penting. Untuk scanf akan saya bahas di artikel yang selanjutnya. Semoga pelajaran ini bermanfaat untuk sobat sobat sekalian. Terimakasih.
                    Apabila belum paham dapat memberikan komentar di bawah.

1 comment:

  1. artikel yang sangat bermanfaat dan membantu sekali..
    lihat artikel menarik lainnya dengan mengunjungi :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    ReplyDelete